Perbanyakkan amalan di bulan yang mulia ini...
 

Jumat, 12 November 2010

Jelang Idul Adha, Disnak Sumenep Awasi Hewan Kurban

0 komentar
Sumenep (beritajatim.com) - Menjelang Idul Adha 1431 H, Dinas Peternakan kabupaten Sumenep menginstruksikan pada seluruh UPT Peternakan kecamatan-kecamatan, untuk meningkatkan pengawasan terhadap hewan kurban.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Sumenep, Ainur Rasyidi, Jumat (12/11/10) menjelaskan, pihaknya sudah membuat surat edaran pada seluruh UPT kecamatan, untuk melakukan langkah-langkah strategis terhadap pengawasan hewan kurban.

"Kami minta Kepala UPT peternakan se- kabupaten Sumenep melakukan koordinasi dengan dinas terkait, kemudian melakukan surveylance atau pengamatan, dan pemeriksaan terhadap hewan kurban sebelum dan setelah disembelih," kata Ainur Rasyidi.

Prinsipnya menurut Ainur, hewan kurban itu harus memenuhi syarat 'Asuh' atau Aman, Sehat, Utuh, dan Halal. "Tentu saja hal tersebut agar membuat masyarakat tenang saat melakukan kurban, karena hewan ternak ini sudah memenuhi standar 'Asuh' tersebut," terang Ainur.

Lebih lanjut Ainur memaparkan, hewan kurban yang baik itu adalah hewan yang sehat, tidak cacat fisik. Kemudian bulu mengkilat, lincah, dan untuk sapi idealnya berumur 2 tahun.
"Dan yang juga harus diperhatikan, untuk hewan kurban jantan, syaratnya tidak boleh dikebiri," imbuh Ainur.

Ditambahkannya, mulai hari ini pihaknya pun akan turun langsung memantau kondisi hewan kurban di pedagang-pedagang penyedia hewan kurban yang mulai marak. "Sekarang kan penyedia hewan kurban tidak hanya di pasar. Di jalan-jalan juga banyak muncul pedagang hewan kurban musiman. Mereka juga akan kami pantau," pungkas Ainur.

0 komentar:

Posting Komentar