Perbanyakkan amalan di bulan yang mulia ini...
 

Kamis, 17 Februari 2011

Libur Maulid, Peziarah Wisata Religi Gresik Melonjak Tajam

0 komentar
Gresik (beritajatim.com) - Peziarah wisata religi di Gresik selama libur Maulid Nabi Muhammad SAW, (15/2) melonjak tajam. Tidak kurang ribuan orang berkunjung ke makam tokoh syiar Islam Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim selama liburan Maulid.

Menurut Ketua Umum Yayasan Makam Sunan Giri, H.M. Bakri, selama libur maulid peziarah yang datang ke makam Sunan Giri mencapai 1000 hingga 1500 orang per hari. Jumlah ini diperkirakan bertambah mengingat kedatangan peziarah ramai saat malam hari.

"Umumnya peziarah yang datang kesini berasal dari Jabar, Jateng dan seputar daerah Jatim seperti Malang, Kediri, Blitar, dan lain-lain," ujarnya, Selasa (15/02/2011).

Selain berkunjung ke makam Sunan Giri, peziarah melanjutkan ke tempat makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Di tempat ini bersamaan pula diadakan pengajian dan tahlil untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Syekh Maulana Malik Ibrahim.

"Kami selalu hadir jika ada acara Maulid dan Haul Malik Ibrahim. Apalagi makam Malik Ibrahim sejak dulu diziarahi oleh banyak orang, dan pamornya adalah kewibawaan," ujar Sumantri peziarah asal Cirebon Jabar.

Sementara itu, Rokhim salah satu juru kunci makam menuturkan, tahun lalu jumlah pengunjung yang berziarah ke maka Syekh Maulana Malik Ibrahim mencapai 1.435.000 orang.

Tahun lalu, sektor pariwisata di Gresik memberi konstribusi sebesar Rp 628 juta dari targetnya sebesar Rp 600 juta. Dari total itu, konstribusi terbesar dari parkir Wisata Religi di Makam Malik Ibrahim yang mencapai Rp 300 juta per tahun.

0 komentar:

Posting Komentar